Newest Post


Hallo teman teman semua. Balik lagi sama gue Herdinandry. So di postingan yang kedua ini saya akan membahas tentang konvergensi media. Sebelum lanjut lebih jauh konvergensi media itu apa sih?. Yak konvergensi media itu adalah penggabungan berbagai bentuk saluran media konvensional (media cetak maupun media elektronik) ke dalam suatu media tunggal. Jadi jika dulu layanan informasi disajikan dalam beberapa media konvensional, sekarang dapat disuguhkan dalam satu media tunggal. Masih bingung? Gue kasih contoh deh. Contohnya adalah benda yang sering kita pegang sehari hari yaitu HP (Handphone), dulu fungsi HP hanya untuk berkirim kabar melalui pesan maupun telepon suara, namun seiring perkembangan jaman HP memiliki banyak sekali layanan tambahan seperti Mp3 player, foto, video, bermain game, dan fitur fitur lainnya.

Setelah tau apa itu konvergensi media, yuk kita bahas mengenai kelebihan konvergensi media.

  • Pertama adalah meningkatkan akses informasi. Dengan banyaknya media cetak yang juga membuat portal online, masyarakat akan lebih mudah untuk mengakses berita ataupun konten lainnya dengan layanan internet. Masyarakat juga mampu mendapat lebih dari satu konten dari satu media yang sama.
  • Kedua adalah penyampaian informasi yang cepat dan real time. Adanya portal online membuat masyarakat bisa mengakses informasi dengan cepat dan akurat, tidak seperti media cetak yang harus menunggu di cetak dahulu. Portal online akan lebih menghemat waktu.
  • Ketiga adalah sebagai sarana komunikasi interaktif. Konvergensi media dapat membuat penggunanya semakin aktif memberikan komentar tentang informasi atau konten yang diberikan melalui portal online.
Wah, ternyata konvergensi media sangat membantu kehidupan kita di era digital ini ya. Namun dibalik kelebihan pasti terdapat kekurangannya juga, diantaranya yaitu :

  • Industri media cetak dipastikan akan menurun, mengapa?. Karena adanya media online yang aksesnya lebih mudah daripada media cetak, kemudian media cetak lama kelamaan akan ditinggalkan oleh pelanggannya.
  • Penurunan industri media cetak juga akan berdampak pada hilangnya pekerjaan orang orang pada industri media cetak.
  • Adanya ketergantungan dengan teknologi digital. Adanya konvergensi media membuat masyarakat lebih memilih media online daripada media cetak dan hal tersebut bisa mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih bergantung pada gadget mereka.

Selanjutnya gue akan jelasin tentang lima ragam konvergensi menurut Rich Gordon, yaitu ada konvergensi kepemilikan, taktis, struktural, pengumpulan informasi serta naratif.


  1. Konvergensi kepemilikan yaitu konvergensi yang memiliki platform cetak, online, maupun televisi dalam satu perusahaan untuk saling berbagi konten atau promosi. Contohnya adalah koran kompas, kini koran kompas memiliki media cetak maupun portal online untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.
  2. Konvergensi taktis, konvergensi dimana dua media dari platform berbeda bersepakat untuk bekerja sama terkait tentang konten maupun promosi. Contohnya adalah kerja sama antara Citilink dengan Telkomsel, dimana pihak Citilink akan mendistribusikan produk Telkomsel di seluruh fasilitas yang dimiliki Citilink, baik di gerai penjualan maupun di dalam pesawat, seperti penjualan pulsa isi ulang secara eletronik maupun voucher fisik, serta joint promo lain. Sebaliknya, Telkomsel juga dapat memasarkan tiket Citilink untuk penerbangan domestik dan luar negeri di seluruh grapari Telkomsel yang ada di Indonesia.
  3. Konvergensi struktural, konvergensi dimana media membuat sebuah karya lain yang di tampilkan lewat platform lain untuk memperkuat segmentasinya. Untuk lebih mudahnya bisa disebut kerjasama lintas media. Contohnya adalah media radio yang juga membuat sebuah video yang dipasang di Youtube ataupun portal mereka sendiri.
  4. Konvergensi pengumpulan informasi. Menurut Gordon, konvergensi pengumpulan informasi, dapat diringkas sebagai bentuk pengemasan jurnalisme di mana para wartawan membawa semua peralatan mereka bersama mereka, menghasilkan konten dan menyajikannya melalui sebuah platform yang dimiliki.
  5. Konvergensi naratif atau storytelling yaitu tentang cara baru untuk menyajikan informasi di saluran penerbitan yang berbeda. Dengan kata lain jurnalis harus terampil dalam mengemas berita tergantung kepada segmentasi pasarnya. Contohnya yaitu pembuatan berita dengan animasi yang menarik untuk segmentasi anak anak agar tidak bosan membaca / melihat berita.


https://www.researchgate.net/publication/37676508_Convergence_and_divergence_in_media_Different_perspectives

{ 4 komentar... read them below or Comment }

// Copyright © Herdin Andriyanto Wibowo //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //